Monday, January 19, 2015

Pantai ngobaran

Pantai ngobaranPantai ngobaran

Pantai ngobaran
 
Pantai yang terletak di Gunungkidul kabupaten Yogyakarta ini memang sangat unik. Di satu sisi Gunungkidul dikenal sebagai daerh yang tandus, kering dan sering kekurangan air. Namun disisi lain, Gunungkidul menyimpan berjuta pesona keindahan pantainya yang eksotis, salah satunya adalah pantai pantai ngobaran.
Perlu diketahui kondisi pantai ngobaran masih alami, jadi sangat cocok jika anda jalan-jalan di pantai ini. Hamparan pasir putih yang tersaji di tepi pantai, ditemani gulungan ombak dan deretan batu karang yang berjejer, serta rumput laut hijau (alga) yang menghiasi sebagian pantai membuat keunikan tersendiri. Di pantai ini pengunjung bisa menjumpai puluhan binatang laut yang berada di sela-sela batu karang mulai landak laut bintang laut maupun kerang.

Pantai ngobaranPantai ngobaran

Pantai ngobaran teletak di Desa Kanigoro, kecamatan saptosari, kabupaten gunungkidul, yang berjarak sekitar 65 kilometer dari kota jogja. Jadi, jika ingin wisata dipantai tersebut anda akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mencapai lokasi pantai ngobaran bila dai kota Yogyakarta.
Keunikan pantai ngobaran terdapat sebuah pura yang berada diujung batu karang mirip dengan yang ada di pulau bali. Memasuki kawasan pantai, pengunjung akan menjumpai prasasti yang disebelah kanan kirinya terdapat arca dan stupa.
Lalu salah satu kuliner khas yang dijual yang terletak disepanjang jalan menuju pantai ini adalah landak laut goreng. Menu ini sangat terkenal di pantai ngobaran. Dan menurut warga setempat daging landak laut cukup kenyal dan rasanya lezat.
Untuk tiket masuk menuju pantai ngobaran, pengunjung cukup membayar Rp 3.000 per orang dengan fasilitas yang masih seadanya, yaitu kamar mandi, tempat parkir, musholla dan warung makan.
Adapun rute menuju lokasi pantai ngobaran:
Dari kota Yogyakarta telusuri jalan meuju wonosari => piyungan => jalan yang mulai menanjak dan berkelok-kelok => tikungan bokong semar => hargodumilah => patuk => tikungan irung petruk => samba pitu => hutan tleseh => lapangan udara gading => pertigaan gading => belok kanan kea rah paliyan => ke selatan menuju trowono => pusdiktal TNI AD => hutang sodong => dari hutan sodong kepasar trowono => kelurahan kanigoro terus ketemu pertigaan =>  kalau ke kiri pantai ngrenehan, kalau ke kanan pantai ngobaran.
Jangan lupa juga untuk mampir ke pantai ngobaran, pantai yang cukup eksotik, kalau air surut anda bisa melihat hamparan alga baik berwarna hijau maupun coklat.
Juga jangan lupa untuk mampir ke pantai ngrenehan dan menikmati ikan bakarnya.
Ada baiknya jika anda mencari agen-agen yang menyediakan jasa paket wisata murah yang ada di Yogyakarta.

Menu :