Thursday, March 19, 2015

Kawah Ijen Banyuwangi

Wisata Jawa timur tidak hanya menawarkan wisata gunung bromo yang begitu indah, banyak tempat wisata yang bisa anda jumpai di Jawa Timur. Apa saja tempat wisata tersebut, mari kita lihat bersama.

wisata kawah ijen


Wisata Kawah ijen di Banyuwangi
Perlu anda ketahui bahwa Gunung Ijen atau lebih di kenal dengan Kawah Ijen, gunung ini merupakan gunung yang masih aktif sampai sekarang. Dengan memiliki 2.443 meter dari atas permukaan laut, berdinding kaldera setinggi 300-500 meter dan telah 4 kali meletus di tahun 1796, 1817, 1913 dan 1936.
Ijen merupakan kompleks gunung berapi yang terdiri dari kawah gunung ijen dan dataran tinggi. Kawasan ini terletak di tiga kabupaten yaitu Situbondo, Bondowoso, dan Bnyuwangi.
Di kawasan gunung berapi ini terdapat pertambangan belerang, dimana mengindikasikan gunung ini masih aktif dan beraktifitas. Saat berada di kawasan kawah ijen, para wisatawan dapat menyaksikan para penambang yang sibuk membawa tumpukan belerang di punggung mereka, menyusuri jalan yang curam dan dipenuhi oleh gas beracun yang berbahaya.
Kawah ijen adalah kawah danau terbesar di pulau jawa. Pesona tempat wisata di Jawa Timur yang satu ini adalah pada danau belerang yang berwarna tosca dan api biru (blue fire). Tentunya anda dapat menyaksikan panorama memikat ini pada saat malam hari hingga menjelang subuh.
wisata kawah ijen

Untuk mencapai kawah ijen, anda harus mendaki setinggi tiga kilometer, ini akan memakan waktu sekitar 1,5 jam. Kemiringan pendakian adalah 25-35 derajat. Namun yang perlu anda ketahui, bahwa rasa lelah mendaki akan terbayar lunas ketika anda mendapati pesona indah api biru di salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang sangat memikat ini.
Bagi anda yang suka akan petualangan, untuk mencapai Gunung Ijen ini bisa di akses dari dua arah yaitu, dari utara dan dari selatan. Dari utara, bisa di tempuh melalui Situbondo menuju Sempol (Bondowoso) lewat Wonosari dan dilanjutkan ke Paltuding, jarak dari Situbondo ke Paltuding sekitar 93 Kilometer dan dapat ditempuh sekitar 2,5 jam.
Dari arah selatan, bisa dilalui dari Banyuwangi menuju Licin yang berjarak 15 kilometer, dari Licin menuju Paltuding berjarak 18 kilometer dan diteruskan menggunakan Jeep atau mobil kecil lainnya sekitar 6 kilometer sebelum ke Paltuding. Dan anda perlu berhati-hati karena jalan yang berkelok dan menanjak.
Bagi anda yang ingin mengunjungi Kawah Ijin namun tidak tahu rute jalannya, cara pertama anda bisa menggunakan bantuan google maps, atau menggunakan jasa travel Jawa Timur, banyak jasa travel di Jawa Timur yang menawarkan harga murah, harga paket wisata murah untuk wisatawan. Dan jika anda butuh penginapan dapatkan penginapan murah didaerah Jawa Timur.
wisata kawah ijen

wisata kawah ijen



Menu :