Wednesday, January 21, 2015

Wisata Candi Borobudur

Siapakah yang belum pernah mendengar tentang candi borobudur? Kemegahan, keindahan, serta keunikannya telah membuat candi yang dibangun oleh Dinasti Sailendra antara tahun 750 sampai 842 M ini telah dikukuhkan menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia dan pada tahun 1991 telah ditetapkan oleh UNESCO di dalam daftar peninggalan sejarah dunia.
wisata candi borobudur

wisata candi borobudur

Candi borobudur pernah terkubur oleh lahar dingin akibat letusan dahsyat tepatnya sekitar pada tahun 950 Masehi dan baru ditemukan pada tahun 1814 saat inggris menduduki Indonesia. Gubernur Jenderal Sir Thomas Stamford Raffles mendengan adanya penemuan benda purbakala berukuran raksasa di desa bumisegoro, Magelang. Karena minatnya yang besar terhadap sejarah jawa, beliau pun segera memerintahkan H.C. Cornelius salah satu seorang insinyur asal Belanda, untuk menyelidiki lokasi penemuan yang saat itu berupa bukit yang dipenuhi semak belukar.
Keistimewaan dari candi borobudur adalah banyak orang di seluruh dunia menjadikan Candi Borobudur ini sebagai tempat wajib dikunjungi dalam hidupnya. Banyak teori yang berusaha menjelaskan asal kata borobudur. Salah satunya menyatakan bahwa nama ini kemungkinan berasal dari kata Sambharabhudhara, yaitu ”gunung” (bhudara) di mana di lereng-lerengnya terletak teras-teras. Selain itu terdapat beberapa etimologi rakyat lainnya. Misalnya kata borobudur berasal dari ucapan para Buddha yang karena pergeseran bunyi menjadi borobudur. Penjelasan lainnya bahwa kata borobudur berasal dari kata bara dan budur. Bara/vihara artinya kompleks candi dan budur atau beduhur artinya di atas atau bukit. Jadi, borobudur bisa diartikan sebagai kompleks candi yang berada di atas bukit.
Luas bangunan candi tersebut adalah 123 x 123 m dengan tinggi bangunan 34,5 m dan mimiliki 1460 relief, 504 arca buddha, serta 72 stupa. 
wisata candi borobudur

wisata candi borobudur

Lokasi candi borobudur terletak di desa borobudur, kecamatan borobudur, kabupaten Magelang, sekitar 40 km sebelah barat laut Yogyakarta, 7 km arah selatan kota Magelang, dan 100 km sebelah barat daya kota Semarang. Di area candi borobudur terdapat tempat yang banyak sekali menjual sovenir-sovenir unik bagi para wisatawan.
Dapatkan Paket wisata murah jika anda berwisata di luar kota.

Menu :