Thursday, March 19, 2015

Candi Prambanan

candi prambanan
Candi Prambanan yang terletak di Kabupaten Sleman - D.I. Yogyakarta - Indonesia ini adalah kompleks candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Candi yang juga terkenal dengan sebutan Candi Rara/Roro Jonggrang ini dibangun sekitar 850 M oleh Wangsa Sanjaya.
candi prambanan

Candi yang sejak tahun 1991 ditetapkan oleh UNESCO sebagai cagar budaya dunia ini menempati kompleks seluas 39,8 hektar. Menjulang setinggi 47 meter atau lima meter lebih tinggi dari pada Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Candi Prambanan terlihat perkasa dan kokoh. Hal ini sesuai dengan latar belakang pembangunan candi ini, yaitu ingin menunjukkkan kejayaan peradaban Hindu di tanah Jawa.
Sebutan Candi Rara Jonggrang untuk Candi Prambanan sendiri karena hal ini terkait dengan sebuah legenda yang di yakini sebagai masyarakat Jawa tentang candi ini. Pada zaman dahulu, seorang pangeran bernama Bandung Bondowoso jatuh hati kepada putri raja yang rupawan parasnya, ia bernama Roro Jonggrang. Karena tak kuasa menolak cinta sang pangeran, Jonggrang mengajukan syarat kepada Bandung Bondowoso untuk dibuatkan candi dengan 1.000 arca dalam waktu semalam. Permintaan itupun hampir terpenuhi, sebelum akhirnya Jonggrang berhasil meminta bantuan warga desa untuk menumbuk padi dan membuat api besar agar terkesan suasana sudah pagi hari. Karena merasa dicurangi, Bandung Bondowoso yang baru membuat arca ke 999 kemudian mengutuk Rara Jonggrang menjadi arca yang ke 1.000.
Candi Prambanan adalah pengejawantahan peradaban Hindu di tanah jawa. Hal ini dapat dilihat dari struktur candi yang menggambarkan inti kepercayaan dalam agama Hindu, yaitu Trimurti. Kompleks prambanan memiliki tiga candi utama di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiga candi tersebut adalah lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Setiap candi utama memiliki satu candi pendamping, yaitu Nandini untuk Siwa, Angsa untuk Brahma dan Garuda untuk Wisnu. Selain itu, masih terdapat dua candi apit, 4 candi kelir dan 4 candi sudut. Sementara itu, halaman kedua memiliki 224 candi.
candi prambanan

Apakah anda tahu tentang apa saja keistimewaan Candi Prambanan lainnya? Keistimewaan Candi Prambanan lainnya yang wajib disaksikan oleh wisatawan adalah keindahan relief-reliefnya yang menempel di dinding candi, kisah Ramayana menjadi relief utama dari candi ini. Namun, relief lain yang tak kalah menarik adalah pohon kalpataru yang dalam agama Hindu dianggap sebagai pohon kehidupan, kelestarian, dan keserasian lingkungan. Di Prambanan, relief kalpataru digambarkan tengah mengapit singa. Keberadaan pohon ini menggambarkan betapa masyarakat jawa pada abad ke 9 memiliki kearifan dalam mengelola lingkungannya.

Bagi anda yang ingin mengunjungi Candi Prambanan namun tidak tahu rute jalannya, cara pertama anda bisa menggunakan bantuan google maps, atau menggunakan jasa travel Yogyakarta, banyak jasa travel di Jogja yang menawarkan harga murah, harga paket wisata murah untuk wisatawan. Dan jika anda butuh penginapan dapatkan penginapan murah di Yogyakarta.


candi prambanan

Menu :